Translate

Minggu, 17 November 2013

Pengertian dan Model E-Bisnis

A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan E-Business

             Sebelum kita mengetahui apa saja yang mempengaruhi keberhasilan E-Business, kita harus mengetahui lebih dulu apa itu E-Business?
E-Business merupakan proses bisnis dalam melakukan penyebaran , pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Jadi agar dapat melakukan E-Business dibutuhkan koneksi internet / jaringan. Apabila tidak terdapat internet yang mendukung maka E-Business tidak akan berjalan.

            Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi agar proses E-Business dapat berjalan dengan baik?
Ada dua faktor penting dalam menentukan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam E-Business.
- Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktifitas E-Business atas strategis keseluruhan perusahaan.
- Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa E-Business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun yaitu Validitas, Integritas, dan Privasi.

Kesimpulan
Dua hal yang penting dari E-business adalah yang pertama, teknologi informasi atau sering disebut Internet, yang memungkinkan kita untuk melakukan  transaksi bisnis secara elektronik. Yang kedua adalah Orang, dimana pekerjaan yang ada sekarang penuh dengan orang-orang yang lebih akrab dengan kemajuan teknologi dibandingkan dengan dua puluh tahun yang lalu.

Perdagangan Elektronik (E-Bisnis) adalah penggunaan sistematik teknologi maju jaringan dan komunikasi untuk memperbaiki cara perusahaan berinteraksi dengan para pelanggan dan para pemasok. Saat ini, perdagangan elektronik bukan merupakan pilihan, namun merupakan sebuah persyaratan dasar bagi perusahaan untuk dapat eksis dan memenangkan persaingan yang semakin tajam diantara perusahaan baik dalam skala lokal , nasional, regional maupun internasional.

Sumber:
http://www.makalahmanajemen.com/
http://tiosijimbo.wordpress.com/


B. Infrastruktur E-Business                                                                 
Infastruktur untuk E-Business termasuk faktor yang mempengaruhi keberhasilan E-Business. Infrastruktur merupakan hal yang penting untuk diingat bahwa mengimplementasikan teknologi informasi jaringan dan komunikasi secara lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan proses bisnis. Nilai strategis untuk melakukan hal ini tergantung pada tingkat sejauh mana proses tersebut dapat membantu organisasi mengimplementasikan dan mencapai strategi keseluruhan.
Sebagai contoh desain website yang optimal bagi perusahaan yang mengejar strategi diffrerensiasi produk didasarkan pada kualitas pelayanan pada pelanggannya tampak akan berbeda dengan desain bagi perusahaan yang melihat dirinya sebagai penyedia komoditas berbiaya rendah. Pada situasi kedua Websitenya mungkin didesain untuk menggantikan sebanyak mungkin kebutuhan  untuk memberikan pelayanan pada pelanggan secara langsung. Sebagai gantinya fitur FAQ akan dikembangkan secara luas. Sebagai pendukung tambahan pelanggan mungkin akan diminta untuk memberikan pertanyaan mereka melalui e-mail. Apabila terdapat nomor telepon bebas pulsa tersebut. Sebaliknya Website perusahaan yang mengejar strategi differensiasi melalui pertanyaan pada pelanggan yang superior dapat mencakup bukan hanya daftar FAQ tetapi juga fitur pertanyaan mereka. Dukungan berupa telepon tampaknya akan diberikan hanya melalui nomor bebas pulsa dan akan dikelola untuk meminimalkan waktu tunggu.

Sumber:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar