Translate

Kamis, 18 April 2013

WAWASAN NUSANTARA

RAJA AMPAT "Kabupaten 1000 Pulau".

Masa Peradaban atau masa raja-raja di Kabupaten Raja Ampat
       Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Barat, Indonesia yang di kenal sebagai kabupaten kepulauan. Ibu kota Kabupaten ini terletak di Waisai.  Kenapa Kabupaten raja ampat di kenal sebagai kabupaten kepulauan? karena Kabupaten Raja Ampat memiliki 610 pulau. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo yang merupakan empat pulau besar. Dari 610 pulau hanya 35 pulau saja yang berpenghuni, sedangkan pulau yang lainnya tidak berpenghuni dan belum memilki nama. 
Berdasarkan sejarah, di Kabupaten Raja Ampat terdapat empat kerajaan tradisional yang juga memiliki raja disetiap kerajaan tersebut dan masing-masing kerajaan adalah kerajaan waigeo dengan pusat kerajaannya di waweyai, pulau waigeo, kerajaan salawati dengan pusat kerajaan di samate, pulau salawati utara, kerajaan sailolof dengan pusat kerajaannya di sailolof, pulau salawati selatan dan kerajaan misool dengan pusat kekuasaan di lilinta, pulau misool.

Penguasa atau raja di kerajaan waigeo sejak abad ke 16 bawahan kesultanan ternate :


- Gandzun pada tahun (1900-1918).
Penguasa atau raja di kerajaan salawati sejak abad ke 16 bawahan kesultanan ternate :
- Abd al-Kasim (1873-1890)
- Muhammad Amin (1900-1918)
- Bahar ad-Din Arfan (1918-1935)
- Abu'l-Kasim Arfan (1935-?) 
Pengusa atau raja di kerajaan lilinta/misool sejak abad ke 16 bawahan kerajaan bacan :
Abd al-Majid (1872-1904)
- Jamal ad-Din (1904-1945)
- Bahar ad-Din Dekamboe (1945 -)
Penguasa atau raja di kerajaan waigama sejak abad ke 16 bawahan kerajaan bacan : 
- Abd ar-Rahman (1872-1891)
- Hasan (1891/1900-1916)
Syams ad-Din Tafalas (1916-1953)

Letak Geografis Raja Ampat

       Secara geografis Kepulauan Raja Ampat berada pada 01o15’ LU – 2o15’ LS dan 129 o10’ – 121o10’ BT dengan luas wilayahnya 46.000 km2 terdiri dari wilayah lautnya 40.000 km2 dan luas daratannya 6.000 km2. Bisa dikatakan sekitar 85% dari luasnya tersebut merupakan lautan, sisanya merupakan daratan. Secara geoekonomis dan geopolitis, Kepulauan Raja Ampat memiliki peranan penting sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah luar negeri. Pulau Fani yang terletak di ujung paling utara.
Dari rangkaian Kepulauan Raja Ampat, berbatasan langsung dengan Republik Palau. Secara administratif batas wilayah Kabupaten Raja Ampat adalah sebagai berikut: 
- Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Seram Utara, Provinsi Maluku. 
- Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. 
- Sebelah timur berbatasan dengan Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat..
- Sebelah Utara berbatasan langsung dengan Republik Federal Palau.

Laut Sumber Pariwisata Terbaik Raja Ampat
      Karena sebagian besar luas kabupaten Raja Ampat terdiri dari laut, maka Raja Ampat sangat menjanjikan dan bukan rahasia lagi bagi anda pecinta alam lebih khususnya bagi para divers karena di tempat ini mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan surga bawah lautnya yang begitu mempesona. Tak hanya keindahan bawah laut saja yang bisa anda nikmati, namun pemandangan pantai dan kepulauannya juga menarik untuk di lihat dan dikunjungi. Pada tahun 2002, The Nature Conservancy (TNC) dan Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI mengadakan suatu penelitian ilmiah untuk memperoleh data dan informasi tentang ekosistem laut, daerah bakau dan hutan Kepulauan Raja Ampat. Survei ini menunjukkan bahwa terdapat sejumlah 537 jenis karang, yang sungguh menakjubkan karena mewakili sekitar 75% jenis karang yang ada di dunia. Ditemukan pula 828 jenis ikan dan diperkirakan jumlah keseluruhan jenis ikan di daerah ini 1.074.
Berikut pemandangan berupa gambar dan video yang menceritakan tentang keidahan terdapat di raja ampat dari pulau-pulau batu yang menjulang tinggi di atas permukaan laut, pantai yang indah dan juga pemandangan bawah lautnya :
















Demikian postingang saya tentang Wawasan Nusantara di Kawasan Raja Ampat, Indonesia.


Sumber 1 : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Raja_Ampat
Sumber 2 : http://www.slideshare.net/slamdj/pengembangan-pariwisata-raja-ampat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar